Quote

"The nation behaves well if it treats the natural resources as assets which it must turn over to the next generation increased, and not impaired in value." Theodore Roosevelt

Wednesday, December 9, 2009

Tanggung Jawab Sosial di Indonesia

Beberapa tahun belakangan ini kita sering kali mendengar istilah CSR di media cetak, elektronik bahkan di tema-tema pelatihan dan seminar di Indonesia.

CSR sendiri atau Corporate Social Responsibility secara ide tercetus pada tahun 70-an akhir dan pendekatannya telah berkembang terus menerus hingga kini.

Pada awalnya tanggung jawab sosial yang diperkenalkan hanya mencakup kewajiban terhadap karyawan dan lingkungan, kemudian pada tahun 80-an mulai diperkenalkan teori pemangku kepentingan (stakeholder theory vs shareholder values), tahun 90-an berkembang lagi menjadi pendekatan corporate citizenship dan pada tahun 2000-an mulailah isu-isu global masuk kedalam konsep SR mulai dari hak asasi manusia, perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

Dewasa ini sebuah organisasi research mengenai tanggung jawab sosial berbasis di london, UK memperkenalkan konsep baru yang tidak mengutamakan keberlanjutan atau sustainability tetapi lebih kepada kemampuan bertahan perusahaan atau durrability.

Pemerintah Indonesia sendiri telah memberi response positif terhadap pelaksanaan konsep ini dengan menteladani pelaksanaan tanggung jawab sosial BUMN yang dipatok lebih kurang 2% dari margin, untuk mendukung pertumbuhan usaha mikro termasuk industri rumahan sebagai usaha dampingan perusahaan.

Bank-Bank milik pemerintah telah menjalankan konsep ini bertahun-tahun, sebagai contoh BRI yang mampu mengalokasikan 2,25% untuk dana CSR mereka dari net incomenya yang mencapai 5,9T (berdasarkan riset Sukrisno Agoes-Tarumanegara, Des 2009).

BRI sebagai bank dengan nasabah masyarakat ekonomi kecil-menengah terbesar telah membuktikan bahwa program-program yang ditawarkan oleh BRI dalam bentuk tabungan hingga kredit usaha untuk masyarakat desa mampu membawa BRI menjadi Bank dengan cash flow tertinggi dibanding bank lainnya, BRI juga cenderung memiliki ROA-ROE-NPM yang baik.

Kami mendedikasikan blog ini sebagai ajang pembelajaran dan tukar informasi mengenai konsep-konsep tanggung jawab sosial sebuah perusahaan ataupun komunitas tertentu. Dimana kedepannya kami berharap dapat memetik best practice dan juga lesson learn yang practical dan terbukti efektifitasnya dalam membantu percepatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Silahkan teman-teman yang ingin berbagi bisa menuliskan ide-idenya melalui komentar atau email ke missluki@live.com

Kami tunggu partisipasinya..

Salam

No comments: